Thursday, April 19, 2012

AWAL PEMBELAJARAN MENULIS

Oleh: Eka Susilawati

Siang itu, dengan perut mual dan kepala pusing, aku harus sedikit berlari menaiki tiga tikungan anak tangga untuk menuju lantai ketiga gedung FKIP UNINUS. Lewat setengah jam dari jadwal masuk yang ditentukan pada kertas jadwal perkuliahan itu. Kesehatanku memang sedang kurang baik. Tapi, memang itu bukan alasan tepat untuk kata kesiangan.
Degup jantung belum habis. Aku tetap harus menghadapi dosen yang lebih dulu hadir di ruangan. Ini awal masuk perkuliahan semester empat. Aku harus siap jika dosen yang lebih dulu hadir itu dosen yang galak dan tak ada konsekuensi dengan keterlambatan.
Mendekat ke daun pintu, suara dosen itu mulai terdengar. Rasanya aku kenal suara itu. Bu Isna. Perlahan  degup jantungku mereda. Dosen yang baik, selintas di dalam hati sembari membuang nafas lega. Aku masuk ke ruang kelas tanpa dihiraukan, hanya beberapa mahasiswa saja yang menengokku dengan singkat.
Di tengah pembicaraan, aku mulai menyimak keterlambatanku. Mencoba beradaptasi, dan memahami apa yang sedang dibicarakan. Hingga aku sampai pada kesimpulan bahwa Bu Isna pada pertemuan pertamanya menugasi kami dengan berbagai tugas yang cukup rumit untuk mahasiswa kelas karyawan seperti kami. Walaupun bagiku tugas membuat Blog ini dianggap biasa saja untuk zaman yang serba Internet ini. Atau mungkin karena aku sudah punya beberapa Blog dan Website di Internet walaupun sudah lama tak ku posting tulisan-tulisan baruku disana. Ya, paling tidak aku punya pengalaman dalam otak-atik Blog dan Web. Mungkin sekarang masih terasa ringan. Tapi, sekian puluh teman-temanku belum bisa dan tidak cukup tahu dalam hal Blogging. Ini akan cukup memberatkanku juga, jika mereka memintaku mengajarkan mereka membuat dan memberi ilmu seputar Blog. Tentu mau tidak mau aku harus membantu mereka yang kesusahan.
Hikmahnya, aku akan kembali tergerak membuka Blog dan Web ku yang terbengkalai. Aku akan kembali menghiasi rumah kata ku dengan berbagai karya yang kubuat sendiri. Aku akan menjemput rinduku pada dunia tulis-menulis yang terhalangi oleh rasa malas dan malas.
Aku cinta menulis, mari budayakan menulis walau satu kata.

4 comments:

  1. Alhamdulillah. Selamat! Dalam tempo singkat Anda berhasil memugar blog yang konon sempat "ditelantarkan" dan langsung mengisinya. Dari karya pertama ini terlihat jelas bahwa Anda juga berbakat menulis karya ilmiah. Pupuk terus bakat itu ya Eka.

    Bersemangat!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika bunda tidak memberi tugas ini, mungkin rumah ini sudah lapuk dimakan rayap. Saat ku singgahi debunya sudang kental, karya-karyaku hampir hilang dari ingatan. Utunglah ditugasi untuk mengokohkan kembali penyangganya, menjernihkan kembali kaca-kacanya dari debu. Sebetulnya saya banyak juga menulis karya ilmiah hanya belum terlalu PD mengeksposenya karena masih takut dengan aturan bahasanya yang harus serba baku. Sedangkan Fiksi lebih membuatku bebas. Walau kenyataannya tetap saja EYD harus dipakai.

      Delete
  2. Syukurlah, semoga "rumah" ini tak akan pernah disinggahi debu apalagi rayap. Bunda yakin, ketekunan Eka merawat dan mengisi rumah ini dengan perabot-perabot yang cocok, akan menjadikannya sebagai "rumah masa depan", sesuai dengan potensi pemiliknya yang sudah tidak perlu diragukan lagi.

    Tentang karya ilmiah, jangan takut dengan kaidah. Ada masanya Anda beralih profesi dari "penulis" menjadi "editor". Peluang untuk ini terbuka lebar jika kita menulis di blog. Usir jauh-jauh rasa tidak pede itu karena sesungguhnya Anda berbakat. Mulailah memanfaatkan rumah ini untuk berbagi. Oke!

    Heheee ... terima kasih. Kelihatannya Anda sudah menindaklanjuti himbauan Bunda.

    ReplyDelete

TOTAL TAYANGAN HALAMAN SAYA

HAK CIPTA 2011 EKA SUSILAWATI. Powered by Blogger.

EKA SUSILAWATI

EKA SUSILAWATI

BIOGRAPHY SAYA

Eka Susilawati, lahir di bandung pada tanggal 2 maret 1989. Mahasiswi FKIP Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Islam Nusantara (UNINUS) Bandung ini mulai menulis memasuki bangku SMP. Karya-karyanya begitu akrab dikalangan anak sekolahan.

Puisi-puisinya pernah dimuat di majalah sastra nasional Horison, Seni Budaya (terjemahan), Lembah Biru, dll. Puisi-puisinya tergabung pula pada antologi bersama: Antologi Puisi Pesta Penyair Indonesia 2009, Antologi puisi pribadi: Wanita Berpayung Senja. Buku lain: Malaikat Di Ruang Tamu merupakan antologi cerpen Eka Susilawati yang pertama.

Wanita muda ini kerap tampil di hadapan publik, selain menulis dan membacakan puisinya, beberapa kejuaraan menulis dan membaca puisi pernah disandangnya, dia pula aktif dalam organisasi-organisasi kepemudaan dan kemasyarakatan di lingkungannya.

Beberapa prestasi yang disandangnya: juara 1 Lomba baca puisi tingkat Kab.Bandung pada PORSENI SMP 2004. Juara 3 lomba baca puisi tingkat Provinsi Jawa Barat 2004. Juara 1 lomba baca puisi se-Kotamadya Bandung+Cimahi 2005. Pernah diundang sebagai juri lomba baca puisi penyair pada PESTA PENYAIR INDONESIA DI MEDAN. Juri lomba cipta puisi pada Olimpiade puisi smp se- kota Medan. Narasumber pada acara Bincang Sastra di PESTA BUKU JAWA BARAT 2009.

Salam Sastra dan Budaya



Alamat kontak e-mail dan facebook saya: EKASTAMAHARANI@YAHOO.CO.ID/EKASTAMAHARANI@GMAIL.COM

Translate

TENTANG SAYA

My photo
Bandung, Jawa Barat, Indonesia
BERUSAHA UNTUK BISA MEMBERIKAN KONTRIBUSI YANG BERARTI BAGI DUNIA PENDIDIKAN, SENI, DAN KEBUDAYAAN.